2011年6月7日火曜日

Bunga Sakura

Negeri Sakura adalah salah satu julukannya, mengapa? karena Bunga Sakura adalah satu-satunya bunga yang hanya bisa kita lihat dan kita jumpai di Jepang. dengan kata lain Bunga ini hanya terdapat di Jepang, Sakura dijadikan sebagai simbul di berbagai benda- benda yang dianggap keramat oleh Masyarakat Jepang, diantaranya: lambang bendera pada masa pemerintahan Meiji (Meiji Jidai), Batikan pada baju Tradisional jepang (Kimono), ukiran di Kuil (Jinja), ukiran pada baju perang Samurai dan pada pedang (Katana), serta  masih banyak lagi.
Asal-usul kata Sakura dalam bahasa Jepang yakni "Saku" yang berarti "mekar", Bunga ini hanya mekar 1 tahun sekali di saat musim Semi, yaitu sekitar tanggal 3-19 bulan April, biasanya rata- rata umur Bunga Sakura hanya 15 hari, Setelah itu kemudian Bunga Sakura berguguran. 

Di saat bermekaran bunga ini sangatlah indah, konon jenis warna bunga ini dibedakan menjadi 3 macam menurut 3 kepulauan besar di Jepang:

di pulau Hokaido warna khas Ungu,


di Pulau Honsu warna khas pink 



di Pulau Kyushu warna khas putih



meskipun warnanya berbeda- beda namun ketiganya sangat terlihat mempesona dan Bunga Sakura adalah bunga yang paling dipuja di Jepang.
 
Warga Jepang tak pernah melewatkan acara festifal Bunga Sakura atau yang disebut dengan Hanami. Saat- saat itulah orang- orang di Taman Bunga Sakura, berkumpul, bercanda, mengobrol bersama Keluarga atau teman Kantor, Sambil minum Sake, dan memakan makanan Bekal khas Jepang (Bentoo). Saat itulah adalah momen yang paling berharaga bagi Warga Jepang.


1 件のコメント: